Mandiriyes


peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

Jumat, 19 April 2013

Agama Bukan Alat Politik



Gus Dur :  Agama Bukan Alat Politik




catatan dari Sokaraja, Wonosobo.




KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), mengatakan, selama ini Islam berkembang baik di Indonesia karena Islam dipakai untuk hal-hal yang baik. Karena itu tak sepantasnya kaum muslimin memakai agama sebagai alat politik.




Menurut Gus Dur, jika agama dibawa-bawa dalam politik maka masalah itu akhirnya tak akan selesai. Kalau partai itu berlandaskan agama itu tak ada salahnya, tetapi hendaknya azas agama tak dibawa dalam praktek politik praktis.


jika kaum muslimin mencampur adukkan agama dan politik nantinya akan banyak yang yang menilai bahwa Islam itu agama yang kaku dan seolah-olah tertutup. Padahal sesungguhnya Islam itu mempunyai sifat yang terbuka dan menerima pandangan dari luar.


Gus Dur pernah menceritakan, pada tahun 1979  ketika  berada di Maroko,  melihat sebuah buku tua yang terbalut kaca hampa udara. Buku itu merupakan kumpulan pandangan Aristoteles yang diterjemahkan menjadi Al-Ahlaq. "Setelah saya baca saya menangis sesenggukan. Soalnya terus terang kalau tak baca buku itu saya tak akan jadi orang muslim," ujar Presiden Gus Dur.


Ditegaskan oleh Gus Dur bahwa Islam tidak hanya mengambil pandangan dan filosofi orang Arab saja tetapi Islam juga merangkum semua pandangan yang berasal dari luar termasuk sejumlah pandangan Aristoteles yang hidup 1200 tahun sebelum Islam lahir. Untuk itu, Gus Dur berpesan agar para ulama tak bersifat kaku dalam mengajarkan agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bersumber dari : http://www.abyfarhan.com/2013/01/cara-membuat-like-box-facebook-melayang_4.html#ixzz2PMSpJU00 Follow us: @aby_farhan on Twitter